Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan


Ketersediaan : Tersedia

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

Musim hujan memberikan kesejukan yang besar dari panas terik dan suhu tinggi yang dialami selama musim kemarau. Musim hujan bertindak sebagai penyegaran bagi setiap makhluk hidup di lingkungan kita, tetapi juga membawa sejumlah penyakit yang dapat berbahaya untuk kesehatan.

Selama musim hujan banyak penyakit yang dapat menyerang seperti penyakit flu, batuk, penyakit kuning, tifus, malaria, demam berdarah, penyakit kulit. Anak-anak kita dan orang tua lebih rentan terhadap infeksi tersebut karena tingkat kekebalan tubuh yang lemah.

Orang yang memiliki masalah kesehatan seperti diabetes, arthritis, kardiovaskular, paru-paru, akan lebih rentan terhadap infeksi selama musim hujan. Oleh karena itu sangat penting untuk berhati-hati dan menjaga kesehatan Anda selama musim hujan.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalkan kemungkinan tertular infeksi dan tetap sehat sepanjang musim hujan tahun ini melalui langkah-langkah sederhana berikut :

Hindari Dehidrasi
Mungkin jadi suatu bertanyaan bagaimana mungkin selama musim hujan kebutuhan minum segelas air menjadi hal ekstra. Jawabannya adalah bahwa selama musim hujan keringat membutuhkan waktu lebih ekstra untuk menguap dari tubuh karena tingkat kelembaban yang tinggi, oleh karena itu dapat menyebabkan masalah untuk melepaskan panas dari tubuh. Gangguan pelepasan panas tubuh melalui keringat dapat menjadi masalah kestabilan (kenormalan) suhu tubuh. Cara terbaik disarankan untuk minum air tawar daripada minuman soda berkarbonasi karena minuman karbonasi akan mengurangi kadar mineral dan mengganggu keseimbangan asam dalam lambung sehingga membuat sistem pencernaan lemah.

Lakukan Diet dan Jaga Makan
Sistem pencernaan kita cenderung untuk bekerja pada kecepatan yang lebih lambat selama musim hujan maka sebaiknya memilih makanan yang lebih mudah dicerna dan hanya makan ketika Anda merasa lapar. Terlalu banyak makan di musim hujan dapat menyebabkan masalah pencernaan dan membuat rentan terhadap penyakit kuning. Makan sayuran seperti labu, wortel, dan buah-buahan seperti pisang, apel, pir, sangat baik untuk menjaga tingkat kekebalan tubuh tetap dalam kondisi prima dan menjaga sistem pencernaan Anda tetap baik-baik saja. Menkonsumsi sayuran dan buah yang kaya kandungan antioksidan akan efektif dalam meningkatkan tingkat kekebalan tubuh.

Mencegah Penyakit Musiman
Selama musim hujan nyamuk mendapat habitat terbaik untuk berkembang. Sangat penting untuk mencegah gigitan nyamuk karena dapat menyebabkan malaria maupun demam berdarah. Hal ini dapat dilakukan dengan menguras semua genangan air dari tempat-tempat seperti Vaas bunga, pendingin udara dan menggunakan obat nyamuk yang ramah bagi kesehatan tubuh.

Mengurangi Makan di Luar
Penyebab masalah kesehatan selama musim hujan lainnya adalah makan makanan di luar. Ada kemungkinan yang sangat tinggi makanan di luar  tidak higenis terkontaminasi bakteri sehingga dapat menyebabkan masalah serius bagi kesehatan. Oleh karena itu lebih baik untuk menghindari jajan makanan di luar selama musim hujan.

Terlepas dari langkah diatas yang dilakukan secara teratur, menghindari basah kuyup dalam hujan dan menjaga tingkat kebersihan merupakan hal terbaik. Menjaga semua hal-hal kecil dalam pikiran akan membantu Anda menikmati musim hujan dalam kondisi kesehatan yang tetap prima bersama keluarga Anda. Jangan lupa jika berpergian di luar rumah selalu menggunakan jas hujan, pilihlah jas hujan yang benar benar aman dan nyaman saat dipakai. Berkualitas baik. Jika anda masih bingung untuk memili jas hujan yang berkualitas baik langduhttp://www.tokokosmetiktermurah.com/product/0/4824/JAS-HUJAN-WANITA-JAKET-ROK-SALSA/ng cek di sini yukk http://www.tokokosmetiktermurah.com/product/0/4824/JAS-HUJAN-WANITA-JAKET-ROK-SALSA/

Lalu bagaimana untuk menjaga Anak Anda agar tetap sehat mengingat Anak-Anak lebih rentan terserang penyakit. Di bawah ini ada 7 tips untuk Melindungi Anak Anda selama Musim Hujan.

  1. Mengantar anak-anak ke sekolah dengan perlengkapan hujan yang tepat. Memiliki payung, jas hujan, dan sepatu bot hujan adalah suatu keharusan bagi anak-anak Anda selama hari-hari hujan untuk melindungi mereka dari hujan dan genangan air hujan yang mengalir di jalan-jalan, yang sangat mungkin terkontaminasi dengan berbagai bakteri.
  2. Mengosongkan atau menutup wadah air. DBD (Demam berdarah Dengue) disebabkan adanya nyamuk berkembang biak di genangan air. Itulah mengapa perlu untuk mengosongkan atau menutupi wadah air di sekitar rumah untuk mencegah nyamuk berkembang biak di dalamnya, sehingga menurunkan risiko anak-anak Anda digigit.
  3. Jaga lingkungan Anda tetap bersih. Menjaga lingkungan Anda bersih secara lebih ekstra selama musim hujan akan mencegah tikus, nyamuk, penyebab penyakit lainnya seperti lalat, serangga, berkerumun di sekitar rumah Anda. Air hujan yang bercampur kotoran dan sampah akan membawa bakteri sehingga air terkontaminasi ini bisa berbahaya bagi anak-anak Anda.
  4. Pastikan anak-anak Anda hanya minum air bersih. Sejumlah penyakit, seperti diare dan kolera, yang disebabkan oleh asupan air yang terkontaminasi. Selalu pastikan bahwa anak-anak minum air yang bersih dan aman untuk menghindari infeksi dan tertular penyakit dari bakteri udara.
  5. Membimbing dan mengajari anak-anak mencuci tangan yang benar dapat membantu melindungi mereka dari kuman dan infeksi virus ditularkan melalui kontak dengan orang yang terinfeksi.
  6. Carilah saran dari dokter tentang vaksinasi untuk anak-anak Anda. Bawa anak-anak Anda ke dokter dan mencari rekomendasi untuk mendapatkan vaksinasi yang tepat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka terhadap penyakit anak pada umumnya.
  7. Berikan anak-anak Anda makanan sehat untuk nutrisi yang tepat. Berikan anak-anak Anda dengan semua nutrisi yang tepat dan mereka butuhkan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang baik menyebabkan anak akan tetap terlindungi terhadap penyakit selama musim hujan. Memastikan bahwa anak Anda makan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Minum susu dengan probiotik juga dapat membantu membangun pertahanan tubuhnya.

Cobalah tips tersebut dan biarkan anak Anda tetap menjalani aktivitas dan kesibukannya untuk hal-hal yang lebih berharga, karena ketika anak Anda dilindungi untuk mengeksplorasi, mereka dapat belajar lebih banyak. Tak lupa anda juga selau mengingatkan ang buah hati untuk selalu menggunakan jas hujan jika berpergian di luar rumah. Pilihlh jas hujan yaang benar benar nyaman saat dipaka. Dan tentunya kualitas terbaik. Langsung cek disini yuk untuk mengetahui produknya http://www.tokokosmetiktermurah.com/product/0/4218/Children-rain-coat-jas-hujan-anak-funny-rain-coat-coat-baju-saja-dapat-3pcs/