Penyebab bau pada Vagina


Ketersediaan : Tersedia

Penyebab bau pada Vagina

Sebagian wanita kerap kali merasa khawatir karena bau yang tidak sedap pada vagina. Pada wanita yang sehat, dalam konsistensi cairan vagina dapat bervariasi, bau dan warna sepanjang siklus menstruasi bulanan.
Bau yang tidak sedap pada vagina beberapa memang pantas untuk dikhawatirkan.Pada wanita sehat,bau dan warna cairan sepanjang siklus bulanan dapat bervariasi berdasarkan konsistensi .

Beberapa alasan dari kondisi medis adalah penyebab bau vagina yang kuat atau buruk dan tidak biasa.Jika seorang  wanita melihat perubahan  penampilan atau bau dari cairan vagina sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan, perawatan dan evaluasi lebih lanjut.

Seperti dikutip dari Livestrong, ada empat kondisi medis yang menjadi penyebab bau tidak sedap pada vagina yaitu:

1. Penyakit Menular Seksual (PSM)

Beberapa jenis penyakit yang bisa menyebabkan bau vagina yang kuat adalah jenis penyakit menular seksual seperti trikomoniasis.
Dalam waktu seminggu setelah terkena PSM ,gejalanya bisa berkembang dan akibatnya bisa  memburuk sehingga harus menjalani pengobatan.

Gejala yang disertai bau vagina  yang disebabkan oleh penyakit menular seksual yaitu, gejala mirip flu, iritasi vagina, sekret vagina abnormal, nyeri saat buang air kecil atau lesi kulit vagina.
Wanita yang mendapati gejala-gejala diatas sehubungan dengan bau vagina yang kuat harus segera konsultasi ke dokter dengan segera.


2. Infeksi pada Vagina
Pertumbuhan jamur atau bakteri alamiah secara berlebih merupakan penyebab dari  infeksi vagina. Bau vagina yang buruk disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari jamur dan bakteri.
Keputihan adalah hal yang terjadi akibat  infeksi jamur pada vagina yang dapat menimbulkan bau yang kuat. Bakteri vaginosis dapat menciptakan keputihan yang berlimpah dan menjadikan perubahan warna dari cairan vagina,akan menimbulkan bau yang  kuat seperti bau ikan.
Memberikan antibiotik atau antijamur yang sesuai maka gejala bau vagina yang disebabkan oleh infeksi vagina bisa diobati.

3. Gejala Kanker Serviks
Penyebab bau vagina yang kuat  biasanya juga disebabkan oleh adanya sel kanker leher rahim. Gejala kanker serviks yaitu timbulnya cairan encer yang menimbulkan  bau busuk.
Disarankan untuk segera mencari perawatan dokter segera bagi wanita yang mendapati bau vagina yang kuat, yang disertai  nyeri panggul atau perdarahan vagina yang tidak teratur.


4. Kebersihan vagina kurang
Penyebab bau vagina yang kuat bisa disebabkanoleh kebersihan vagina yang buruk. Daerah yang hangat dan lembab seperti vagina biasa ditempati sebagai tempat pertumbuhan yang berlebihan dari bakteri patogen.
Cara untuk mengatasi gejala bau vagina bisa dilakukan dengan membersihkan wilayah luar vagina dengan air atau sabun. Wanita jangan sampai lupa mengambil tampon dari vaginanya karena bisa  menyebabkan bau vagina yang buruk.