BaPer Saat Dengar Lagu Favorit?


Ketersediaan : Tersedia

BaPer Saat Dengar Lagu Favorit? Ini Yang Terjadi Pada Tubuhmu

Banyak orang pasti merasa memiliki satu atau dua lagu favorit yang sering didengarkan dan disimpan, entah itu di laptop, atau di smartphone. Dan kapan pun waktu yang diinginkan, mereka bisa mendengar lagu tersebut. Ada banyak alasan orang menjadikan lagu tertentu sebagai favorit, entah itu karena melodinya yang enak, liriknya yang pas banget di hati atau karena punya kenangan tertentu. Ehm..dalem ya.

Namun seseorang pasti akan merasakan sesuatu dalam dirinya ketika mendengar lagu tersebut. Ketika kamu menikmati lagu favoritmu, ini bukan hanya mempengaruhi mood-mu, tapi juga memberikan stimulasi tertentu terhadap otak sehingga kemungkinan kamu akan mengalami perasaan tertentu.

Perasaan ini bisa ditandai dengan adanya aktivitas organ tubuh yang berbeda seperti misalnya berdebar, meningkatnya suhu tubuh, kuatnya aktivitas cerebellum otak, dan meningkatnya dopamin dalam tubuh.

Dan memang benar, ternyata 50% orang-orang akan mengalami perasaan merinding dan berdebar ketika mendengar lagu favorit mereka. Penelitian menemukan bahwa musik mampu menstimulasi bagian inti otak yang kemudian merangsang pelepasan dopamin ke striatum, yaitu bagian otak yang mengaktifkan rasa kecanduan, kepuasan dan motivasi.

Kadar dopamin akan meningkat ketika kamu mendengarkan musik atau lagu-lagu yang kamu sukai dan bahkan kadar dopamin meningkat tajam bahkan sebelum lagu itu selesai. Sebegitunya kamu punya perasaan terhadap sebuah lagu, ladies.

Hal ini dikarenakan otak mampu memprediksi dengan cepat apa yang akan terjadi berikutnya pada tubuh bahkan ketika kamu belum mencapai bagian lagu yang jadi favoritmu. Dan inilah yang menjelaskan mengapa kamu merasa tergelitik saat mendengar lagu tersebut.

Hal ini berlaku lebih kuat pada lagu sedih. Neuroscientist Jaak Panksepp menemukan bahwa lagu-lagu melow memiliki pengaruh lebih dalam dan kuat dibanding lagu-lagu menyenangkan. Lagu sedih bisa membuatmu terbawa perasaan melankolis, nostalgis dan hal-hal lain yang sedih.

Namun hal ini bukan berarti buruk, karena ternyata lagu-lagu sedih sebenarnya justru memberi efek positif, membuat orang merasa lebih baik. Jadi, jika kamu punya lagu-lagu favorit dan kamu selalu merasakan perasan tertentu yang membuatmu nyaman, maka hal ini sebenarnya bagus. Karena sebenarnya kamu sedang merasa bahagia